Rabu, 18 April 2012

tujuh alira filsafat tentang esensi manusia.

Dalam ilmu filsafat terbagi menjadi tujuh aliran dengan perincian yaitu, dua dari di antaranya adalah aliran tertua sekaligus terbesar. Sedangkan aliran yang selain dua aliran tersebut merupakan aliran yang menjadi reaksi atas dua aliran sebelumnya tersebut.

Dua aliran tertua dan terbesar dalam fialsafat adalah, alira matrealisme dan aliran idealisme. 

  • Matrealisme.
     Matrealisme adalah paham dari filsafat manusia yang meyakini bahwa esensi kenyataan, termasuk        manusia adalah bersifat material atauu fisik. ciri utamanya adalah bahwa ia menempati ruang dan waktu, memiliki keluasan (re extensa), dan bersifat objektif.


  • Idealisme.
     Idealime merupakan kebalikan dari matrealisme. menurut aliran ini, kenyataan sejati adalah bersifat spiritual. sedangkan esensi kenyataan dari sepritual itu sendiri adalah berfikir. (res-cogitans).


Aliran-aliran lain yang merupakan reaksi atas matrealisme dan idealisme.

  • Dualisme.
     Menurut aliran dualisme kenyataan sejati pada dasarnya adalah daik bersifat fisik atauun non fisik (spiritual). mereka berpendapat bahwa berbagai kejadia tidak dapat di asalkan pada satu subtansi atau satu esensi saja. sehingga mereka beranggapan bahwa kenyataan sejati merupakan perpaduan antara dua subtansi (materi dan roh).


  • vitalisme.
     Vitalisme adalah aliran di dalam filsafat yang beranggapan bahwa kenyataan sejati pada dasarnya adalah energi, daya, kekuatan, atau nafsu yang bersifat irrasional. Dengan memberi tekanan bahwa kenyataan sejati pada dasarnya adalah berupa energi-energi non-fisik yang irrasional dan instingtif. Sehingga vitalisme berbeda dari matrealisme dan idealisme.


  • Eksistensialisme.
     Aliran eksistensialisme secara spesifik meneliti kenyataan konkreet amnusia sebagaimana manusia itu sendiri berada dalam dunianya. istilah eksistensi berasal dari kata existere (ex=keluar.sistere= ada atau berada). Dengan demikian eksistensi memiliki arti sebagai "sesuatau yang sanggup keluar dari keberadaannya" atau " sesuatu yang mampu melampaui dirinya sendiri".


  • Strukturalisme.
     Secara sederhana struktrualisme dapat di artikan sebagaialiran dalam filsafat manusia yg menempatkan struktur atau sistem.struktrualis meyakini bahwa manusia pada dasarnyamerupakan makhluk yg tidak bebas yg terstruktur oleh sistem, budaya, dan bahasanya.aliran struktualisme menolakhumanisme, menolak pandangan tentang kebebasan dan keluhuran(keagungan)manusia.

  • Posmodernisme. 

     Pasmodernisme mempunyai kesamaan dg struktrualisme yaitu sama2 menentang humanisme. Menurut pandangan pasmodernisme telah terjadi dominasi dan kolonialisme yg halus dan diam2 dalam sebuah aspekkehidupan manusia.


Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda